Jumat, 13 November 2015

ARTIKEL POLUSI UDARA





  Pada saat ini , masalah polusi udara telah menimbulkan kekhawartikan banyak penduduk , terutama yang yang tinggal di kota besar dan daerah industri . bahkan , ahli meteorologi mengatakan bahwa polusi udara tidak hanya meliputi kota besar , tetapi polusi udara telah meliputi ke seluruh atmosfer bumi kita . lapisan oksigen tipis yang meliputi ke seluruh atmosfer bumi kita . lapisan oksigen tipis yang melimuti permukaan bumi mulai rusak dengan adanya polusi udara . polusi udara menjadi penyebab logam cepat berkarat dan menyebabkan kerugian besar panen hasil pertanian .

    Polusi udara mempunyai sumber yang branakaragaman . dari kendaraan bermotor di keluarkan polutan ke udara dalam bentuk gas : karbon monoksida (co ), nitrogen oksida , belerang oksida , hidrokarbon , dan partikel padat . semua ini hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang menyebabkan semakin banyak jumlah polutan yang di keluarkan ke udara . sebagai gambaran disini , telah dikemukakan di amerika serikat bahwa pada tahun 60-an , terdapat  90 juta kendaraan bermotor yang setiap tahunnya di keluarkan keudara sejumlah 66 juta ton co , 1 juta ton belerang hidroksida , 6 juta ton nitrogen oksida , 12 juta ton hidrokarbon , 1 juta bahan lain termasuk juga partikel padat . di samping itu , maih tedapat lagi sumber polusi udara , misalnya pabrik besi baja , penyulingan minyak bumi , dan pabrik petrokimia .

menurut data yang di peroleh dari penelitian menunjukan bahwa polusi udara telah banyak menimbulkan gangguan kesehata manusia dan lebih jauh lagi talah banyak menimbulkan kematian .  apa sebenarnya akibat dari polusi udara terhadap kesehatan manusia itu , marilah kita teliti lebih lanjut mengenai  polutan dan efeknya terhadap tubuh manusia .

 karbon monoksida dapat menyebabakan pekerjaan darah (butir darah merah) atau hemoglobin terganggu . fungsi hemoglobin yang ada pada butir darah merah untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh menjadi terganggu karna terikatnya co pada hemoglobin . akibatnya , tubuh akakn mengalami kekurangan oksigen yang sangat vital sehingga jantung dan paru- paru akan bekerja lebih keras lagi untuk memberikan oksigen . pengaruh ini cukup terasa akibatnya bagi penyakit  jantung  dan paru-paru .

 jika seseorang tinggal pada suatu tempat dengan mengandung 80 juta bagian co , kapasitas sistem peredaran darah untuk mengikat oksigen akan berkurang + 50% . hal ini sama halnya dengan yang terjdi bila seseorang kehilangan darah sebanyak 0,57 liter . gejala seperti  pusing daya penglihatan berkurang, sakit perut , dan menurunya keorginasi otot banyak di alami para pengemudi kendaraan bermotor . apabila seseoeang sering mengalami keadaan seperti itu , akibat selanjutnya dapat timbul keadaan tidak sadarkan diri dan bahkan pada akhirnya meninggal . gas nitrogen oksida mempunyai pengaruh sama seperti gas karbon monoksida , yaitu mempengaruhi kemampuan dalam mengikat dan mengangkut oksigen .

belerang dioksida banyak menimbulkan penyakit pada saluran pernapasan , misalnya , asma , broncitish yang sering di ikuti dengan timbulnya emphysema , di mana alveoli cenderung menjadi bersatu sehingga memperkecil permukaanya . kemudian , diikuti dengan penyempitan cabang-cabang bronkhioli yang akan mengurangi laju pertukaran gas co2 dan o2 .

malapetaka terbesar pernah terjadi di beberapa kota terbesar di dunia. Di genewa , pensyelepania, yang terletak dilembah dengan tebing yang curam , pada tahun 1948 telah terjadi mala petaka yang menyebabkan  matinya 15 orang pria dan 5 orang wanita serta 6.000 orang menderita sakit saluran pernapasan . peristiwa yang terjadi di sebabkan asap dari industri di kota tersebut bersama dengan kabut terhalang untuk keluar lembah oleh adanya lapisan udara panas yang meliputi kota tersebut . peristuwa yang sama pernah terjadi di london pada tahun 1952 dan menimbulkan kematian sebantyak 4.000 orang , di bargia tahun 1930 , dan di meksiko pada tahun 1950 .

Dampak Polusi Udara

Apa yang ditimbulkan jika polusi udara terjadi terus menerus dan dihisap tubuh? Dampak polusi udara bisa sangat merugikan diantaranya:

1. Terjadinya gangguan pernafasan seperti radang paru-paru
2.  Mengganggu kesehatan kulit sehingga kulit nampak kusam, elastisitas merosot, penuaan   dini,timbul flek hitam, mengalami keriput, yang lebih parah adalah resiko penyakit kanker kulit
3.  Bagi penderita asma juga bisa meningkatkan kambuhnya penyakit asmanya
4. Timbul batuk-batuk
5.  Polusi udara karena asap kebakaran hutan bisa mengganggu pandangan
6. Mengalami stress dan mudah marah

FAKTOR PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

Pencemaran udara disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

a.  Faktor alam (internal), yang bersumber dari aktivitas alam, contoh :

  abu yang dikeluarkan akibat letusan gunung berapi
    gas-gas vulkanik
    debu yang beterbangan di udara akibat tiupan angin
    bau yang tidak enak akibat proses pembusukan sampah organik

b.  Faktor manusia (eksternal), yang bersumber dari hasil aktivitas manusia, contoh :

  hasil pembakaran bahan-bahan fosil dari kendaraan bermotor
   bahan-bahan buangan dari kegiatan pabrik industri yang memakai zat kimia organik dan   anorganik
    pemakaian zat-zat kimia yang disemprotkan ke udara
    pembakaran sampah rumah tangga
    pembakaran hutan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...